Sunday, 4 September 2011

TATA CARA MAKAN DAN ADAB MAKAN YANG BETUL


Mungkin kita kurang memperhatikan ketika kita atau anak-anak kita sedang makan apalagi ketika di depan meja makan yang sudah tersedia segala makanan yang mengundang selera makan. Memang adab atau tata cara di meja makan agak kurang mendapat perhatian khususnya oleh anak-anak. Mereka sering tidak memperdulikan tata tertib ketika sudah terlihat makanan di depan mata. Sebenarnya kelakuan yang seperti itu merupakan fenomana yang wajar bagi anak-anak ketika makan. Ketika kecil kita sering diajari bagaimana cara makan yang baik dan betul.
Berikut ini beberapa tips adab atau tata cara di meja makan
~ Tutup mulut ketika batuk atau bersin.
~ Jangan menimbulkan suara ketika memakan sup.
~ Berbicara dengan suara yang rendah.
~ Letakkan garpu di sebelah kiri dan sendok di sebelah kanan bersama-sama di arah jam tiga di atas piring dengan bagian pisau yang tajam menghadap ke dalam. Ini menandakan bahwa anda telah selesai makan.
~ Jangan menyandarkan punggung di sandaran kursi.
~ Jangan menimbulkan suara ketika mengunyah makanan.
~ Jangan lupa untuk selalu mengatakan “tolong” dan “terima kasih” setiap kali meminta bantuan.
~ Jangan mengambil makanan dari piring orang lain dan jangan memintanya juga.
~ Jangan memainkan makanan dengan peralatan makan.
~ Makan dengan mulut yang tertutup ketika mengunyah makanan.
~ Napkin yang disiapkan untuk anda hanya untuk membersihkan mulut jika kotor.
* Adab yang mencerminkan prilaku seseorang hingga dewasa menentukan identiti prilaku seseorang *

1. Saat makan jangan berdiri tetapi duduklah dengan tegak. Jangan membungkuk mendekati piring, tetapi kita tetap harus tegak dan sendok yang harus diangkat ke mulut bukan mulut yang mendekat ke sendok
2. Pada saat mulut penuh, jangan berbicara, tertawa, atau bersiul, karena isi mulut dapat terlihat orang lain dan ini dinilai tidak sopan.
3. Makanan harus dikunyah perlahan-lahan dan jangan sampai ada bunyi.
5. Sendok dan garpu tidak boleh beradu dengan piring, gelas, mangkuk, panci, dan peralatan makan lainnya yang ada di ata meja.
6. Menyeruput kuah, kecap, dan sambal dari piring tidak diijinkan, apalagi mengorek-ngorek gigi atau hidung di depan orang lain selagi makan.
7. Jika mendadak batuk atau bersin, mulut atau hidung harus cepat-cepat ditutup dengan sapu tangan atau serbet yang sudah di sediakan,Kalau terlanjur tersembur, makanan itu jangan dimakan lagi!
8. Dilarang memuntahkan makanan ke piring atau ke saku baju. Jika ingin muntah, cepatlah pergi ke wastafel.
Kalau tidak ada wastafel, kamar mandi pun boleh. Kalau tidak ada kamar mandi, ya telan aja kembali makanan tersebut. hoho ^^
9. Tidak boleh mengeluarkan suara keras (termasuk buang gas), menyanyi, atau membaca puisi pada saat makan.
10. Tidak boleh meninggalkan meja makan sebelum selesai makan kecuali keadaan mendesak, seperti kebelet pipis, kebakaran, banjir, atau gempa bumi.
11. Selesai makan, sendok dan garpu harus ditutup,dan usahakan membentuk tanda silang. jangan dimasukkan ke dalam saku celana. Mulut dilap dengan serbet atau sapu tangan, jangan dengan telapak tangan, apalagi dilap pakai baju atau celana.

CARA MEMEGANG GARFU DAN PISAU


CARA MAKAN DUDUK MENGIKUT NABI

No comments:

Post a Comment

Post a Comment